Langsung ke konten utama

GAYA DAN RESULTAN GAYA



GAYA
Salah satu factor yang menyebabkan gerak lurus berubah beraturan diperlambat menjadi lebih lambat adalah gaya gesek. 

1. Pengertian Gaya 
Gaya adalah tarikan atau dorongan yang menyebabkan perubahan gerak atau benda. Gaya merupakan besaran vector dengan lambang F.

2. Rumus Gaya
rumus gaya 
3. Macam-macam Gaya
  • Gaya Otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot-otot tubuh kita. Contohnya ketika kita menendang bola, maka kita mengerahkan gaya otot kaki kita. Gaya otot sangat fleksibel karena dikendalikan oleh koordinasi biologis pada manusia. Oleh karena itu, gaya otot bisa mendorong dan menarik.
  • Gaya Magnet adalah gaya yang diakibatkan oleh magnet. Contohnya ketika kita mendekatkan magnet pada benda logam, benda itu akan tertarik dan menempel pada magnet. Karena gaya magnet bersifat menarik benda-benda yang terbuat dari besi.

  • Gaya Gravitasi Bumi adalah gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik Bumi terhadap segala benda di permukaan Bumi. Adanya gaya gravitasi dapat dibuktikan dengan tidak melayangnya benda-benda yang ada dibumi dan jatuhnya buah kelapa ke tanah.
        


  • Gaya Mesin adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin. Contohnya gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin derek dan kerja motor pada mesin kendaraan.
          
  • Gaya Listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh muatan-muatan listrik. Contoh gaya listrik statis adalah pada sisir dan penggaris plastik yang telah digosok dengan rambut kering dapat menarik sobekan kertas-kertas kecil atau ketika batang kaca digosok-gosok dengan kain sutera kering karena kekurangan elektron.
     

  • Gaya Pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja benda elastis. Contohnya ketapel dan busur panah. Karet elastis pada ketapel dapat digunakan untuk melontarkan batu kecil. Tali pada busur panah dapat digunakan untuk melesatkan anak panah.

          









RESULTAN GAYA
1. Pengertian Resultan Gaya
Resultan gaya adalah penjumlahan dari gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
 Pengertian dan Rumus Resultan Gaya Serta Contoh Soal Resultan Gaya
   a. Titik O merupakan titik pangkal gaya yang (titik tangkap gaya).
   b. OA merupakan panjang anak panah yang menunjukkan besar gaya.   
   c. Arah anak panah menujukkan arah gaya. 
2. Macam-macam arah resultan Gaya 
  • Resultan gaya searah
Pengertian dan Rumus Resultan Gaya Serta Contoh Soal Resultan Gaya
contoh resultan gaya serah
Pengertian dan Rumus Resultan Gaya Serta Contoh Soal Resultan Gaya
resultan gaya-gaya searah

Pengertian dan Rumus Resultan Gaya Serta Contoh Soal Resultan Gaya
keterangan : R = resultan gaya
                       F = banyak gaya
                       N = satuan gaya
# Contoh soal : Kedua anak mendorong meja dengan searah. Masing-masing anak memiliki     gaya 25 N dan 28 N. Berapa resultan gaya kedua anak ?  
# Jawaban : R = 25 N + 28 N
                          = 53 N 
  • Resultan gaya berlawanan arah
Pengertian dan Rumus Resultan Gaya Serta Contoh Soal Resultan Gaya
resultan gaya berlawanan arah
resultan gaya berlawanan arah
Pengertian dan Rumus Resultan Gaya Serta Contoh Soal Resultan Gaya
keterangan :  F1 = gaya pertama yang lebih besar (N)
                       F2 = gaya kedua yang lebih kecil (N)
# Contoh soal : Diketahui pada sebuah lomba tarik tambang, dua buah gaya yaitu F1 (80 N) ke kanan dan F2 (73 N) ke kiri. Tentukan besar dan arah resultan gaya tersebut !
# Jawaban : R = 80 N - 73 N
                          = 7 N ke kanan






























 http://www.guruipa.com/2016/01/pengertian-dan-rumus-resultan-gaya-serta-contoh-soal-resultan-gaya.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Map Sistem Ekskresi Manusia

Mind Map Sistem Eksresi Manusia Kelompok 3: Arfinnisa Irbatin Zulfa/04 Hayyu Arini Putri/10 Rafif Putra Dewa/18 Wikan Lanang Ardiaksa Wibowo/24

Teleskop --> Alat Optik dalam Kehidupan Seari-hari

Teleskop Teleskop dirancang untuk mengumpulkan cahaya dari benda-benda yang jauh. Teleskop dapat berupa teleskop bias dan teleskop pantul. a. Teleskop Bias Teleskop adalah alat optik yang dapat membuat benda-benda yang berada pada tempat yang jauh menjadi terlihat dekat. Teleskop bias sederhana merupakan kombinasi antara dua lensa cembung yang terletak pada bagian pipa. Lensa yang lebih besar adalah lensa objektif, sedangkan yang lebih kecil adalah lensa okuler (lensa mata). Lensa objektif membentuk sebuah bayangan dan kemudian bayangan tersebut akan diperbesar oleh lensa okuler. Lensa objektif pada teleskop bias memiliki diameter yang lebih besar daripada diameter mata kamu saat membuka. Hal ini berarti akan lebih banyak cahaya yang dipantulkan oleh objek yang dapat masuk ke dalam lensa yang kemudian akan masuk ke dalam mata. Dengan demikian, bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif akan lebih jelas daripada bayangan yang terbentuk oleh mata. Karena bayangan yang terbe

PENGARUH RANGSANG TERHADAP GERAK MENUTUP DAN MEMBUKANNYA DAUN PUTRI MALU

KELOMPOK 3 Nama Anggota :  1. Arfinnisa Irbafin Zulfa (04) 2. Navista Della Davindra (16) 3. Rafif Putra Dewa (18) 4. Salzabila Septa Dewi (20) Hasil Observasi dan Diskusi Kelompok 1. Nama Percobaan : Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Daun Putri Malu 2. Perdugaan : Daun putri malu bila disentuh akan menutup dengan cepat Daun putri malu bila diberi rangsang dingin tidak akan menutp Daun putri malu bila diberi rangsang suhu panas akan menutup 3. Peralatan yang Dibutuhkan : Tumbuhan putri malu (hidup) Es dibungkus plastik Korek api atau lilin yang dinyalakan Stopwatch (alat pengukur waktu) 4. Perlakuan dan Respon : D isentuh pada permukaan daun dengan jari / 4,5 detik Gambar 1 : Putri malu disentuh dengan permukaan tangan  Disentuh pada tangkai daun/2,3 detik Gambar 2 : Putri Malu disentuh pada tangkainya  Diberi suhu dingin pada permukaan bawah daun/30 detik Gamabr 3 : Putri malu didekatkan dengan suhu dingin  Diberi suhu panas