Langsung ke konten utama

UPAYA PENCEGAHAN DIRI DARI BAHAYA NARKOBA

Cara menjauhkan diri dari narkoba adalah :

1. Belajar untuk mengatakan tidak,baik kepada diri sendiri ataupun kepada orang lain yang mencoba menawarkan barang haram itu kepada kita.
2. Tidak usah terpancing,dibilang kuper (kurang pergaulan). Justru terbalik, pengguna narkobalah yang nantinya akan jadi kuper dan terkucil.
3. Tidak usah selalu ingin dianggap. Misalnya dianggap hebat,dianggap berani,dianggap gaul atau dianggap cool,dan sebagainya.
4. Bergaullah dengan teman yang baik,jauhi teman yang buruk. (siapa temanmu hari ini akan menentukan siapa kamu kelak).
5. Jangan pernah coba-coba. Sekali mencoba narkoba maka seumur hidup akan sengsara.
6. Pikirkanlah bahwa,narkoba akan mengakibatkan penderitaan. Baik bagi diri kamu maupun bagi orang lain.
7. Isilah hari-harimu dengan kegiatan yang positif. Seperti berolah raga, ikut kegiatan karang taruna,ekstra kokulikuler dan sebagainya.
8. Ingatlah selalu nasehat dan pesan-pesan orang tua,untuk mengarahkan kita pada hal-hal yang positif. Nasehat dan pesan orang tua adalah cahaya yang menerangi kegelapan jalan kita.
9. Mendekatlah dan selalu berada di jalan Tuhan. Dengan mempertebal iman dan rajin sembahyang.




Agar anak dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, orang tua dapat menerapkan hal-hal berikut:
  • Memberikan dorongan dan pujian yang bersifat positif setiap kali anak berhasil melakukan tugas seperti bekerja membersihkan rumah, menjadi juara kelas, dan dalam menolong teman dalam kesulitan.
  • Sediakan waktu untuk anak. Ajak mereka bicara apa saja yang bersifat positif, termasuk kehidupan dunia remaja, sekolah, dan keberadaan keluarganya.
  • Selalu melakukan aktivitasdirumah secara bersama-sama.
  • Berikan mereka kepercayaan dan tanggung jawab. Ajaklah mereka terlibat langsung dalam pekerjaan rumah tangga. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan berguna. Tidak jarang penyalahgunaan narkoba dan minuman keras disebabkan oleh kurangnya komunikasi antara orangtua dan anaknya. Akibatnya, anak merasa diabaikan dan tidak diperhatikan oleh orangtua.


  • Berikan informasi berikut :
  • Memanfaatkan informasi yang berkembang pada masyarakat untuk lebih mengatahui tentang penyalahgunaan narkoba dan minuman keras. Dengan mengetahui perkembangan penyalahgunaan narkoba dan minuman keras, sudah tentu orang tua dapat melakukan diskusi lebih bermakna tentang narkoba dan minuman keras dengan anak-anak.
  • Memanfaatkan waktu yang tepat untuk berbicara tentang narkoba dengan anak-anak, misalnya bersama anak-anak ketika acara televise membahas masalah narkoba dan minuman keras.
  • Mengingatkan anak tentang bahaya penggunaan narkoba. Gunakanlah kalimat yang mudah diingat dan dipahami oleh anak ketika mengingatkan anak.
  • Contoh : Narkoba dan minuman keras dapat membuat kamu pusing. Narkoba dan minuman keras akan membuat kamu sakit. Narkoba dan minuman keras membuat penampilanmu tidak menarik.
  • Ajari anak-anak untuk berkata, Tidak terhadap narkoba dan minuman keras. Misalnya, katakan, Tidak, terima kasih
  • - jika ditawari atau alasan seperti, Saya ingin hidup sehat. Atau ubah topic pembicaraan jika merasa tertekan, seperti : Rasanya teman saya sedang menunggu. Saya terlambat dan terburu-buru. Kalau semua alasan tersebut tidak berhasil, sebaiknya tinggalkan tempat tersebut.


  • Pencegahan

    Pencegahan penyalahgunaan narkoba meliputi :
  • Pencegahan dini ditujukan kepada mereka, individu, keluarga, dan kelompok yang belum tersentuh oleh permasalahan penyalahgunaan dan pengedaran gelap narkoba, untuk membuat individu, kelompok, dan masyarakat waspada serta memiliki ketahanan untuk menolak dan melawannya, jika suatu saat terjadi dilingkungan mereka.
  • Pencegahan kerawanan ditujukan kepada kelompok atau komunitas yang rawan terhadap penyalahgunaan narkoba, misalnya bertempat tinggal di daerah hunian kumuh atau bekerja di tempat hiburan agar mereka dapat memperkuat pertahanan diri dari rayuan atau paksaan pihak lain atau dorongan dan keinginan dari dalam diri sendiri untuk mencoba narkoba.
  • Pencegahan kambuhan ditujukan kepada mereka yang sudah pernah menjadi pecandu narkoba dan telah mengikuti program terapi dan rehabilitasi untuk menjaga agar tidak kambuh lagi.
  • Pencegahan penyalahgunaan narkoba dilakukan di dalam keluarga, sekolah, tempat kerja, dan masyarakat luas, melalui kegiatan berikut.
  • Ceramah keagamaan, Tanya jawab, diskusi, dan pertunjukan kesenian.
  • Mencari informasi dari surat kabar, buku, dan media lainnya.





  • Hasil gambar untuk pencegahanNARKOBA



    Hasil gambar untuk NARKOBA



    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Mind Map Sistem Ekskresi Manusia

    Mind Map Sistem Eksresi Manusia Kelompok 3: Arfinnisa Irbatin Zulfa/04 Hayyu Arini Putri/10 Rafif Putra Dewa/18 Wikan Lanang Ardiaksa Wibowo/24

    Teleskop --> Alat Optik dalam Kehidupan Seari-hari

    Teleskop Teleskop dirancang untuk mengumpulkan cahaya dari benda-benda yang jauh. Teleskop dapat berupa teleskop bias dan teleskop pantul. a. Teleskop Bias Teleskop adalah alat optik yang dapat membuat benda-benda yang berada pada tempat yang jauh menjadi terlihat dekat. Teleskop bias sederhana merupakan kombinasi antara dua lensa cembung yang terletak pada bagian pipa. Lensa yang lebih besar adalah lensa objektif, sedangkan yang lebih kecil adalah lensa okuler (lensa mata). Lensa objektif membentuk sebuah bayangan dan kemudian bayangan tersebut akan diperbesar oleh lensa okuler. Lensa objektif pada teleskop bias memiliki diameter yang lebih besar daripada diameter mata kamu saat membuka. Hal ini berarti akan lebih banyak cahaya yang dipantulkan oleh objek yang dapat masuk ke dalam lensa yang kemudian akan masuk ke dalam mata. Dengan demikian, bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif akan lebih jelas daripada bayangan yang terbentuk oleh mata. Karena bayangan yang terbe

    PENGARUH RANGSANG TERHADAP GERAK MENUTUP DAN MEMBUKANNYA DAUN PUTRI MALU

    KELOMPOK 3 Nama Anggota :  1. Arfinnisa Irbafin Zulfa (04) 2. Navista Della Davindra (16) 3. Rafif Putra Dewa (18) 4. Salzabila Septa Dewi (20) Hasil Observasi dan Diskusi Kelompok 1. Nama Percobaan : Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Daun Putri Malu 2. Perdugaan : Daun putri malu bila disentuh akan menutup dengan cepat Daun putri malu bila diberi rangsang dingin tidak akan menutp Daun putri malu bila diberi rangsang suhu panas akan menutup 3. Peralatan yang Dibutuhkan : Tumbuhan putri malu (hidup) Es dibungkus plastik Korek api atau lilin yang dinyalakan Stopwatch (alat pengukur waktu) 4. Perlakuan dan Respon : D isentuh pada permukaan daun dengan jari / 4,5 detik Gambar 1 : Putri malu disentuh dengan permukaan tangan  Disentuh pada tangkai daun/2,3 detik Gambar 2 : Putri Malu disentuh pada tangkainya  Diberi suhu dingin pada permukaan bawah daun/30 detik Gamabr 3 : Putri malu didekatkan dengan suhu dingin  Diberi suhu panas